BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Sabtu, 19 Desember 2009

“KOPERASI SEKOLAH DI SMA YAPEMRI”

I

“KOPERASI SEKOLAH DI SMA YAPEMRI”

Pada waktu saya duduk dibangku SMA YAPEMRI dulu, sekolah saya memiliki satu koperasi yang bernama “ koperasi sejahtera” maksud dari kata sejahtera adalah koperasi yang berguna untuk mensejahterakan anggota-anggota koperasi maupun siswa-siswi dan staff para pengajar yang berada di SMA YAPEMRI dan dikoperasi yang berada disekolah saya. Koperasi disekolah saya juga menjual perlengkapan alat-alat tulis, dasi,seragam sekolah, pin, topi, bed, sampul buku, buku tulis,penggaris,jangka,lencana,tempatpensil,pulpen,buku tabungan,busur,penghapus,rautan pensil, dan lain-lain.

Dan menurut saya koperasi sekolah adalah suatu tempat penjualan dan pembelian perlengkapan sekolah maupun peralatan sekolah dan pembelian perlengkapan sekolah maupun peralatan sekolah yang berada dilingkungan sekolah dengan tujuan untuk membantu siswa-siswi dalam melakukan penghematan uang maksud dari penghematan uang adalah siswa-siswi dapat menghemat uang jajannya dengan membeli perlengkapaan sekolah dikoperasi sekolah selain itu harganya pun terjangkau dan relatif murah sehingga siswa-siswi tidak perlu membeli perlengkapan atau peralatan sekolah diluar, cukup membeli dikoperasi yang berada disekolah SMA YAPEMRI ini.

Selain itu kegiatan yang berada didalam koperasi sekolah adalah dengan menjual beli peralatan sekolah dan membuat laporan keuangan didalam koperasi sekolah dan bagi orang yang terlibat langsung didalam koperasi sekolah saya dituntut untuk jujur dalam usaha koperasinya. Misalnya : ada yang ingin membeli perlengkapan koperasi dan yang melayani harus bersikap ramah dalam bertutur bahasa yang baik dan tidak boleh berbohong dalam menjual per butir barang peralatan tersebut.

Dan manfaat koperasi sekolah yang dapat saya rasakan selama saya bersekolah di SMA YAPEMRI saya cukup banyak sekali manfaat yang saya dapat rasakan contohnya : memudahkan siswa-siswi untuk membeli peralatan sekolah yang diperlukan secara lengkap selain itu lokasi koperasi sekolah saya sangat strategis tempatnya berada dibawah tangga dan sebrang lapangan basket jadi sangat strategis dan bukan Cuma itu koperasi SMA YAPEMRI berdekatan dengan kantin dan perbatasan antara SMA dan SMK YAPEMRI jadi memudahkan kita untuk selalu kekoperasi

Selain itu harga-harga peralatan dan perlengkapan yang berada dikoperasi pun terjangkau. Misalnya : pensil 2B cukup Rp. 1500 perbutir, pulpen Rp. 2000 perbutir, penghapus dan rautan pensil cukup Rp. 500 perbutir dasi, topi,dan bett sekolah cukup Rp. 2500 relatif terjangkau harga-harga yang berada dikoperasi sekolah SMA YAPEMRI saya selain itu juga salah satu dalam melayani siswa-siswi sudah cukup baik dan maksimal bagi siswa-siswi yang ingin menggunakan fasilitas-fasilitas koperasi yang ada dilingkungan sekolahnya, dan kegunaan koperasi juga untuk menggunakan perlengkapan sekolah yang digunakan didalam lingkungan sekolah.

Pengalaman-pengalaman yang berada didalam koperasi sekolah saya adalah selama saya sekolah diSMA YAPEMRI saya memiliki berbagai pengalaman menjadi seorang konsumen , disamping itu salah satunya siswa-siswi yang berada didalam koperasi diharapkan bisa bertutur bahasa dengan baik serta siswa-siswi mendapatkan pengalaman yang berguna untuk dirinya sendiri selama ia mengikuti organisasi koperasi sekolah. Dan memudahkan siswa-siswi yanglain yang ingin melengkapi peralatan dan perlengkapan selama ia bersekolah disma yapemri.

Selain itu pengalaman menjadi angota koperasi adalah belajar untuk lebih jujur dan menghormati kepada instansi-instansi yang terkait didalam sekolah SMA YAPEMRI. Contohnya: guru-guru,siswa-siswi, maupun para staff-staff pengajar lainnya yang ada didalam lingkungan sekolah,

Dan menurut saya kekurangan dari koperasi SMA YAPEMRI adalah bagi siswa-siswi yang ikut serta menjalankan koperasi cukup menyita waktu sekolahnya atau jam pelajarannya. Dimana siswa-siswi harus bisa membagi waktu disekolah. Guna untuk melayani dan menjalankan koperasi sekolah diSMA YAPEMRI.

Dan menurut saya kelebihan dari koperasi SMA YAPEMRI adalah siaga dalm melayani siswa-siswi yang memerlukan perlengkapan sekolah. Misalnya : cepat dalam melayani dan tidak lambat dalam melayani pembeli atau siswa-siswi yang ingin membeli perlengkapan sekolah maupun peralatan sekolah dan tempatnya strategis berada dibawah tangga dan dipojok perbatasan antara SMA dan SMK YAPEMRI sehingga memudahkan untuk siapa saja baik siswa-siswi SMA maupun siswa-siswi SMK YAPEMRI yang penting masih aktif dalam bersekolah di SMA YAPEMRI. Selain itu kita bisa mendapatkan pengalaman yang berguna bagi masa depan kita nanti contohnya : ilmu dalam berjualan didalam koperasi sekolah SMA YAPEMRI sehingga ilmu tersebut dapat kita pergunakan dimasa depan kita nanti!

Demikian cerita dan pengalaman saya menjadi anggota-anggota koperasi sekolah di SMA YAPEMRI saya berharap sekali semoga tulisan,cerita & pengalaman saya selama saya bersekolah di SAMA YAPEMRI dapat bermanfaat bagi kita semua! Amien, apabila ada salah dari kata-kata saya didalam cerita dan pengalaman saya ini mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya dan seluas-luasnya . cukup sekian dan terima kasih.

WASALLAM

RINNA YUNITA

0 komentar:

Posting Komentar