BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Senin, 12 April 2010

TUGAS 2 CONTOH-CONTOH PARAGRAF BAHASA INDONESIA

1. PARAGRAF DESKRIPSI

Pada suatu hari tepatnya waktu sore hari saya sedang duduk santai ditepi pantai tepatnya dipantai anyer disana terdapat berbagai macam laut,ombak,tumbu karang,kerang,kepiting,ikan,udang, dan lain-lain. kemudian disana udaranya sangat sejuk sekali dan lalu saya juga bisa melihat matahari terbenam dari sebelah barat sagat indah sekali rasanya dan kemudian berhembus angin laut yang sangat sejuk dan indah. Dan saya berkeinginan membuka sebuah restoran makanan sea food khususnya didaerah anyer dan lokasinya juga strategis dan mudah dijangkau oleh para pendatang yang ingin berliburan khususnya dipantai anyer. Itulah yang ada didalam benak pikiran saya dan saya ingin mewujukan impian saya membuka restoran sea food khususnya diwilayah anyer.


2. PARAGRAF EKSPOSISI

Tahukah anda bahwa jenis makanan berkalori tinggi dapat merusak fungsi sel dalam tubuh seperti : terdapat penyakt kanker, jantung, tekanan darah tinggi, kegemukan, sesak nafas,diabetes dan lain-lain. Maka dari itu kita dalam pola makan kehidupan sehari hari kita harus memperhatikannya karena pada saat ini banyak sekali orang yang makan berlebiahan ataupun makan yang berkalori tinggi seperti daging-daging contonya. Oleh karena itu diwajibkan untuk berolah raga minimal seminggu sekali kemudian banyak minum air putih.sayur-sayuran dan buah-buahan hidup sehat dimulai dari sekarang.


3. PARAGRAF ARGUMENTASI

Mempertahankan kesuburan tanah merupakan syarat mutlak bagi tiap-tiap usaha pertanian. Selama tanaman dalam proses menghasilkan, kesuburan tanah ini akan berkurang. Padahal kesuburan tanah wajib diperbaiki kembali dengan pemupukan dan penggunaan tanah itu sebaik-baiknya. Teladan terbaik tentang cara menggunakan tanah dan menjaga kesuburannya dapat kita peroleh pada hutan yang belum digarap petani

4. PARAGRAF NARASI

Kemampuan apresiasi dalam bermusik pada seorang anak dapat dibentuk melalui tiga cara. Pertama, secara alamiah seseorang dibiasakan mendengarkan karya musik. Kebiasaan itu dimulai sejak anak masih berupa janin dalam rahim ibunya. Persentuhan emosi sang ibu dengan berbagai irama yang didengarkan akan ikut dirasakan oleh janin. Besar kemungkinan akan terjadi respons motorik janin yang dirasakan oleh sang ibu. Kedua, sejak anak dilahirkan ia dibiasakan dengan berbagai irama musik yang mengiringnya pada saat menjelang tidur atau bermain. Alat pendengar anak menjadi peka menangkap berbagai irama dari instrumen musik yang didengarnya. Lambat-laun, seiring dengan pertumbuhan fisik dan kognisinya, musik akan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan anak. Ketiga, apresiasi musik dikembangkan melalui pendidikan formal. Untuk itu, pendidikan musik diarahkan kepada pengenalan, pemahaman, penghayatan, dan sikap kritis serta kreatif terhadap karya musik.



5. PARAGRAF PERSUASI

Sistem pendidikan di Indonesia yang dikembangkan sekarang ini masih belum memenuhi harapan. Hal ini dapat terlihat dari keterampilan membaca siswa kelas IV SD di Indonesia yang berada pada peringkat terendah di Asia Timur setelah Philipina, Thailand, Singapura, dan Hongkong. Selain itu, berdasarkan penelitian, rata-rata nilai tes siswa SD kelas VI untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA dari tahun ke tahun semakin menurun. Anak-anak di Indonesi


0 komentar:

Posting Komentar